Tuesday, October 6, 2009

SEO Untuk Pemula

SEO Untuk PemulaSEO (Search Engine Optimization).
Saya bukan ahli SEO walaupun tidak buta sama sekali akan hal itu, pada postingan kali ini saya hanya mencoba meringkas apa yang saya peroleh saat Googleing dan blogwalking.

Banyak pemula yang baru bisa membuat sebuah website atau blog baik yang berbayar ataupun yang gratisan, tetapi setelah ditanya apakah situs mereka sudah di index oleh Search Engine?, diantara mereka ada yang tidak menjawab tetapi sebaliknya malah bertanya "Apa itu di index?, Apa hubungannya dengan Search Engine?. Tetapi diantara mereka ada juga yang menjawab bahwa situs mereka sudah di index dengan kata kunci nama mereka atau nama situs mereka dengan kata atau phrase yang cukup panjang.

Website tanpa pengunjung adalah nothing kecuali untuk sekedar private atau iseng saja. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki sebuah produk yang menarik dengan kemungkinan konsumen yang besar, kemudian Anda berpikir untuk memasarkan produk tersebut melalui jaringan internet dengan harapan akan mempunyai pasar yang sangat luas (world wide), tetapi tidak ada satupun yang membeli produk Anda atau sitidaknya melihat-lihat produk yang Anda pasarkan. Kenapa...?

Contoh sederhana :
Sekarang Anda telah membangun sebuah website dengan produk baru  misalnya  "Obat Ajaib" sebagai obat alternatif yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa operasi. Nama website tersebut adalah http://www.obatajaib.com.

Yang menjadi permasalahan :

  1. Apakah website tersebut sudah dikenal.
  2. Apakah website tersebut sudah di index oleh Search Engine
  3. Apakah website tersebut dapat dengan mudah dicari dengan kata kunci yang tepat
  4. Bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung
Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab setelah ANda mengenal metode SEO. SEO adalah sebuah proses dimana sebuah website dapat dibaca dengan dengan baik oleh search engine yang bersifat crawler (Google, Yahoo, MSN, dll). Proses SEO akan melibatkan halaman web tersebut dan tidak menutup kemungkinan juga melibatkan website yang lain terutama yang membuat life link pada situs tersebut. Berdasarkan tekniknya secara garis besar SEO dapat kita bagi menjadi dua bagian yaitu On-page SEO dan Off-Page SEO. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa Teknik On-Page SEO dan Off-Page SEO:

On-Page SEO
Teknik SEO ini dilakukan di dalam website itu sendiri mulai dari nama domain, layout, dan penulisan meta tag:
  1. Nama domain untuk website sudah cukup bagus dan relevan yaitu : "obatajaib.com" karena isi atau produk memang akan menjelaskan tentang khasiat obat tersebut sebagai obat alternatif.
  2. Title untuk website tersebut agar sesuai dengan SEO harus berhubungan dengan isi atau content yang akan dipublikasikan/ diposting dan usahakan jangan terlalu panjang, singkat tetapi jelas dan dapat mewakili isi website. Contoh : "Obat Ajaib | Obat Alternatif", "Obat Ajaib dan Obat Alternatif", Obat Alternatif | Obat Ajaib | Pengobatan Alternatif".
  3. Deskripsi untuk website tersebut agar sesuai dengan SEO : "Obat alternatif yang terbukti dapat menyembuhan berbagai penyakit", Obat Ajaib sebagai Pengobatan Alternatif Alami", atau "Obat Ajaib, Cara sehat tanpa operasi".
  4. Kata kunci (keyword) yang sesuai SEO untuk website tersebut adalah :"Obat Ajaib, Obat Alternatif, Pengobatan Alternatif".
  5. Isi atau content harus membahas dan menjelaskan tentang Obat Ajaib sebagai obat alternatif jadi usahakan mengulang-ulang phrase tersebut setidaknya 7% dari seluruh kata pada artikel yang bersangkutan tetapi jangan sampai berbuat spam dan harus tetap enak untuk dibaca oleh pengunjung. Contohnya : "Obat Ajaib merupakan penemuan baru sebagai obat alternatif alami berkhasiat. Obat Ajaib ini terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti halnya Obat Alternatif, obat ajaib ini tidak memiliki efek samping dan tanpa operasi sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja.....". Perhatikan contoh paragrap tersebut, kata-kata kunci yang berwarna merah sengaja diulang-ulang tetapi tetap enak dibaca. Kata kunci pertama harus ditebal, miring, strong atau garis bawah (pilih salah satu) tetapi jangan semua kata kunci pada artikel tersebut ditulis seperti itut, cukup satu saja yang pertama kali muncul.
  6. Jangan berbuat spam dengan menulis kata kunci (keyword) teralu banyak dengan mengulang-ulang keyword tersebut secara tidak proporsional atau dengan melulis Keyword tersebut dengan warna yang sama dengan background atau dengan font yang sangat kecil.
  7. Penulisan judul harus mengacu pada penggunaan heading tag H1, H2, H3 dan seterusnya.
  8. Penulisan Kode-kode HTML, CSS, dan script yang lain harus sesuai dengan W3C (akan dibahas pada posting mendatang).
  9. Isi dengan artikel yang menarik dan up-to-date tetapi harus tetap sesuai dengan maksud, deskripsi, dan title website.
Off-Page SEO
Teknik SEO ini dilakukan di luar website itu di antaranya dengan cara-cara berikut :
  1. Manual iklan yaitu dengan cara memberitahukan website melalui email teman, surat kabar, majalah dan sebagainya.
  2. Mengikuti Social Network (Jejaring Sosial) seperti Facebook, Friendster, Twitter, dan forum-forum diskusi yang lain lalu kenalkan website atau blog tersebut pada forum-forum tersebut tetapi harus tetap mentaati peraturan forum tersebut.
  3. Mengikuti dan aktif dalam beberapa group (Google Group atau Yahoo Group) dengan tema yang relevan dengan website tersebut sambil memperkenalkan website.
  4. Perbanyak back link ke situs kita atau setidaknya link exchange (tukar link) dengan website yang repevan (menurut ahli SEO tetapi tidak mutlak) usahakan website yang diajak tukar link tersebut memiliki rank yang tinggi atau traffik pengunjung yang bagus.
  5. Tulislah komentar pada website atau blog yang relevan tetapi jangan berbuat spam. Komentar tersebut harus sesuai dengan artikel yang akan Anda komentari kemudian tulis URL website kita sebagai jejak yang secara tidak langsung merupakan back link. Usahakan tidak menulis komentar yang dapat merusak reputasi.
  6. Coba beriklan online baik yang gratisan ataupun yang berbayar pada situs iklan yang pengunjungnya banyak tetapi tentu saja yang berbayar akan lebih baik.
  7. Belilah adword pada Google Adword dan bekompetisilah di sana dengan Keyword yang Anda bidik.
Mudah-mudahan Teknik SEO sederhada ini bermanfaat khusunya bagi pemula yang sedang belajar SEO.